Rabu, 10 September 2014

Perilaku Konsumen



 Grisella Monica Gultom
Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan,
 Fakultas  Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
20140227_100453.jpg
Kuliah Perilaku Konsumen  IKK233  Sep 2014-Jan 2015
Department of Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB

Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia



Catatan Kuliah Pertama
            Pada hari Kamis, 4 September 2014 saya mengikuti perkuliahan di ruangan RK. AGR 307. Mata kuliah yang saya ikuti adalah Perilaku Konsumen dengan departemen pengampu Ilmu Keluarga dan Konsumen. Pertemuan pertama kuliah diajarkan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. Perkuliahan yang cukup menarik. Beliau memulai perkuliahan dengan bertanya mengenai persepsi orang-orang ketika dikaitkan dengan kata ‘konsumen’. Beberapa pendapat dari mahasiswa yaitu membeli, menikmati produk, belanja, menggunakan, pakaian, perlindungan, berkonsultasi, kepuasan, memakai, murah, advertising, mahal, barang/ jasa, peluang bisnis, pengguna, tawar menawar, target, kualitas, keinginan, menghabiskan, kebutuhan, anggaran, diskon, komplain, hak, selera, nafsu, konsumsi, enak, halal, layanan, uang, toko online, menerima, gadget, boros, harga, relasi, terjangkau, tren, instan,  fashion.
Berbagai pendapat- pendapat ini membukakan pikiran saya mengenai bagaimana konsumen sangat berkaitan erat dalam setiap aspek kehidupan di masyarakat. Mengkonsumsi suatu barang/ jasa dalam defenisinya yaitu ditujukan untuk memuaskan emosi. Jenis konsumen terbagi dua, yaitu konsumen individu yang menghabiskan nilai suatu barang/ jasa untuk dirinya pribadi, dan konsumen organisasi yang menghabiskan nilai barang/ jasa untuk keperluan organisasi tersebut.
            Berbagai perspektif riset dalam perilaku konsumen yaitu, pengambilan keputusan, eksperiensial, dan pengaruh behavioral. Pengambilan keputusan didasarkan pada pemikiran- pemikiran yang rasional, misalnya dari segi harga, atau apakah barang yang ingin dibeli merupakan kebutuhan atau hanyalah sebuah keinginan. Eksperiensial didasarkan pada pengalaman emosi, misalnya saja seseorang yang merokok pasti mengetahui bahaya dari mengkonsumsi rokok, tetapi ia tidak berpikir secara rasional dan berpikir secara eksperiensial dalam mengkonsumsi rokok tersebut. Pengaruh behavioral di luar dari pengaruh rasional dan eksperiensial. Pengaruh behavioral didasarkan pada faktor luar, misalnya faktor pemasaran, lingkungan, budaya dan ekonomi.
Memperoleh barang dan jasa bisa didaptkan dengan beberapa cara, misalnya saja dengan menemukan, menerima, memproduksi, membeli, atau sebagai warisan. Berbagai pihak yang perlu untuk mengetahui dan mempelajari perilaku konsumen yaitu dari pemasaran, pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen, pemerintah dan legislatif, serta riset. Saya berkuliah di jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, kelak setelah saya lulus saya tentunya harus bisa mengerti bagaimana mengembangkan mutu produk demi mendapatkan hati konsumen yang plural, untuk itu sangat penting bagi saya untuk mempelajari mata kuliah Perilaku Konsumen ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar